Selasa, 18 Maret 2008

UNIVERSITAS PENDIDIKANINDONESIA

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

JURUSAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN

SILABUS

Nomor : 05

Mata Kuliah : Perencanaan Pengajaran

Kode Mata Kuliah : PPB585

Bobot : 3 SKS

Dosen : Drs. H. Dadang Gojali (0323)

Drs. Uman Suherman A.S., M.Pd. (0898)

Ipah Saripah, S.Pd. (2058)

Program Studi : S-1 Bimbingan dan Konseling

Prasyarat : Lulus mata kuliah Strategi Belajar-Mengajar,

Psikologi Umum, Pengantar BK, dan Evaluasi

Pendidikan.

Waktu Perkuliahan : Semester Genap (6).

A. Deskripsi Mata Kuliah

Perkuliahan ini menguraikan beberapa materi sebagai berikut: Orientasi perkuliahan, Konsep Dasar Pendidikan dan Pengajaran, Peranan Guru dan Konselor dalam Proses Pendidikan, Profil Kompetensi Guru dan Konselor, Keterampilan-Keterampilan Proses dalam Pengajaran, Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Siswa, Penyusunan Satuan Layanan Kegiatan Bimbingan dan Pengajaran, Simulasi Layanan Bimbingan dan Pengajaran, Praktik Lapangan Bimbingan dan Pengajaran, Seminar Laporan Praktik Lapangan Bimbingan dan Pengajaran, dan Review Perkuliahan

B. Tujuan Perkuliahan

Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam merencanakan dan mengelola pembelajaran secara mikro melalui berbagai seting kelompok dan individual.

C. Pengalaman Belajar

Untuk mencapai tujuan tersebut, pelaksanaan perkuliahan perlu dilakukan dengan empat tahap kegiatan sebagai berikut :

1. Pemberian pemahaman konsep pendidikan dan pembelajaran

2. Pemberian penguasaan keterampilan perencanaan kegiatan pembelajaran

3. Pemberian keterampilan pengelolaan proses pembelajaran melalui pengajaran mikro

4. Pemberian keterampilan pengelolaan proses pembelajaran melalui praktik lapangan di sekolah.

D. Uraian Pokok Bahasan Setiap Pertemuan

1. Orientasi perkuliahan,

2. Konsep Dasar Pendidikan dan Pengajaran,

3. Peranan Guru dan Konselor dalam Proses Pendidikan,

4. Profil Kompetensi Guru dan Konselor,

5. Keterampilan-Keterampilan Proses dalam Pengajaran,

6. Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Siswa,

7. Penyusunan Satuan Layanan Kegiatan Bimbingan dan Pengajaran,

8. Ujian Tengah Semester (UTS)

9. Simulasi Layanan Bimbingan dan Pengajaran,

10-14.Praktik Lapangan Bimbingan dan Pengajaran,

15. Seminar Laporan Praktik Lapangan Bimbingan dan Pengajaran,

16. Review Perkuliahan

17. Ujian Akhir Semester (UAS)

E. TUGAS-TUGAS PEREKULIAHAN

  1. Resume Mingguan (Individual)
  2. Pembuatan Clipping Materi Layanan Bimbingan
  3. Observasi Layanan Bimbingan dan Pengajaran di Lapangan
  4. Studi Kebutuhan Siswa
  5. Penyusunan Satuan Layanan Bimbingan dan Pengajaran
  6. Simulasi Pengajaran Mikro
  7. Praktek Layanan Bimbingan dan Pengajaran di Sekolah
  8. Pelaporan dan Seminar Lapangan
  9. Pengembangan Layanan Informasi Melalui Audio Visual.

F. PENILAIAN AKHIR

  1. UAS (4); UTS (3); Laporan Individual (2); Resume Kelompok/Mingguan (1)
  2. Keterlambatan Pemasukkan Tugas, nilai akan dikurangi 1(satu)
  3. Absen 3 kali berturut-turut dianggap mengundurkan diri, kecuali memiliki surat keterangan .
  4. Kehadiran kurang dari 80% tidak diperkenankan ujian akhir.
  5. Nilai bergerak mulai A s.d E (Tidak ada BL).
  6. Terlambat lebih dari 15 menit dianggap absen.

G. SUMBER-SUMBER

1. Kurikulum BK SMP dan SMA Berbasis Kompetensi, tahun 2004

2. UU SISDIKNAS (Diknas, 2003)

3. Developmental Counseling and Guidance: A Comprehensive School Approach, ( Dickmeyer, Don and Caldwell, Edison, 1970)

4. Guidance and Counseling in Elementary School and Midle School (Muro,J. James and Kottman, Terry, 1995)

5. Depdikbud, Keterampilan dalam Proses Pembelajaran

6. A Guide to Teaching Practice, (Cohen Louis and Manion Lawrence, New York: Methuen, 1984).

7. Mengoptimalkan Interaksi Pembelajaran, (Uman S, 2002)

Tidak ada komentar: